Kesenian Angklung

6 11 2009

SEJARAH ANGKLUNG

A. Bandung, 50 tahun yang lalu

Suatu kebijaksanaan yang berdasar pada nilai kooperatif yang menjadi suatu bingkai pikiran indah, kemudian bersatu di dalam keaneka ragaman menjadi suatu konsep yang melatar belakangi terselenggaranya Konferensi Asia Afrika, dan mulai diperkenalkan tentang keselarasan kultur yang alami yang diwakili oleh alat musik tradisional dari bambu sederhana, ANGKLUNG itulah namannya. Angklung ini mulai diperkenalkan oleh para siswa dari Sekolah Dasar KARTINI Bandung, yang dipimpin dan yang dilatih oleh Daeng Soetigna almarhum dan Udjo Ngalagena almarhum.

B. Tahun 1958

Sebelumnya konsep tersebut mempunyai Efek Pengali dan mulai dikenal oleh ilmu pengetahuan sosial yang modern, Udjo Ngalagena almarhum dan Isteri Ny. Uum Sumiyati almarhum, telah memulai untuk memanggil tetangga mereka yang ada di sekitar Padasuka, untuk membuat suatu bisnis mandiri yang berhubungan dengan instrumen musik tradisional Orang Sunda dan ia pun melakukannya.

C. Tahun 1962

Dengan didasari dengan rasa cinta dan dedikasi dari mereka berdua selaku Orang Sunda maka melahirkan suatu kultur dan seni tradisional yang dimulai untuk mempunyai keuntungan dan manfaatnya, departemen produksi yang telah meningkatkan kapasitas produksi mereka. Salah satu dari pertimbangan yang utama yaitu mengapa Saung Angklung Udjo menjadi pusat Kultur Dan Seni Tradisional Orang Sunda yang mengorganisir sebuah profesi adalah kesediaan dan dedikasi tentang manajemennya untuk memelihara, dan mengembangkan Kultur Dan Seni Tradisional Orang Sunda itu. Dan hal yang sangat terbaik adalah, kesediaan Keluarga besar Udjo Ngalagena untuk melibatkan dengan aktip di dalam manajemen Saung Angklung Udjo, dan bersama-sama bergandengan tangan mengembangkan kultur dan seni tradisional yang mulai padam oleh sisi modern dunia.

D. Tahun 1966

Peran aktip Saung Angklung Udjo di dalam Pengembangan Seni nasional sangat besar, Saung Angklung Udjo pada waktu itu aktip dalam Hari Kemerdekean Republik Indonesia yang ke 11, dan Saung Angklung Udjo mendapat penghargaan dari negeri ini yang diberikan oleh Mayor Jenderal TNI Mashudi, karena kesinambungan dan konsistensi di dalam memelihara, dan mengembang;an Kultur Dan Seni Tradisional Orang Sunda itu.

E. Tahun 1992

Ketika Saung Angklung Udjo tumbuh dan berkembang, misi dan visi pun tersusun tentang semua yang akan menjadi alur bagaimana Saung Angklung Udjo harus dikembangkan serta mempertimbangkan tujuan yang baik untuk masa depan dan satu-satunya prestasi Saung Angklung Udjo selalu menginginkan keberasilan, visi misi itu adalah:

  • Visi
    Saung Angklung Udjo adalah suatu atraksi wisatawan utama, yang secara khas melakukan/menyelenggarakan Kultur seni tradisional Orang Sunda. Adalah terkait kepada pemeliharaan dan pengembangan Kultur Pulau Jawa Barat melalui Musik Angklung. Sebagai pusat riset dan studi, pelatihan, dan melakukan/menyelenggarakan orkes Angklung sebagai musik yang terkenal di Musik di Industri Musik Nasional maupun Internasional.
  • Misi
    Ikut ambil bagian dan bekerja sama dengan orang-orang di dalam mengembangkan dan memelihara budaya dan seni Pulau Jawa Barat sampai mencapai luar negeri dan domestik. Memberi makna untuk wisatawan internasional dan Indonesia, untuk belajar, dan menghargai Angklung sebagai instrumen musik tradisional. Menghasilkan dan mengembangkan Angklung sebagai Musik Instrumen yang berkwalitas.

F. Tahun 1997

Suatu krisis dimensional terjadi di Republik Indonesia yang mengakibatkan kemunduran terutama sisi keuangan dan sisi ekonomi, yaitu Krisis Moneter. Krisin ini sangat mempengaruhi perjalanan Saung Angklung Udjo dan membuat efek yang negatif terutama terhadap para pengunjung dan melemahnya industry keramahtamahan. Krisis moneter memberi efek terhadap Saung Angklung Udjo yang berhubungan dengan politis dan kondisi-kondisi keamanan yang penuh dengan ketidak-pastian. Secara langsung mempengaruhi kepada kepercayaan dari masyarakat internasional, yaitu terhadap wisatawan yang datang ke Indonesia yang merasa tidak kuat untuk berada di Indonesia dengan alasan keamanan yang tidak kondusif. Didasarkan pada Kooperasi Dan Hubungan yang baik dari semua pihak, kedua-duanya lokal dan secara internasional, walaupun begitu yang kita lakukan sudah menerima efek yang penting, Saung Angklung Udjo menggunakan strategi pemasaran yang gres yang menyesuaikan kepada situasi yang sekarang, ada banyak rintangan, tetapi kebetulan, kita lulus.

G. Tahun 1988

Saung Angklung yang memiliki Target pasar terbagi-bagi secara menyebar dan berbeda, sekarang ini, Saung Angklung Udjo pada waktu itu tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan internasional, tetapi wisatawan lokal juga berdatangan.

H. Tahun 2000

Saung Angklung Udjo membuat pemasarannya yang strategis dan sangat optimis, Saung Angklung sangat berperan di dalam masyarakat sekitar, terutama di kalangan masyarakat Bandung. Program pemasaran yang strategis diwujudkan dalam beberapa program, seperti:

  • Mengoptimalkan kultur dan seni tradisional Orang Sunda kepada masyarakat yang luas, yang merupakan institusi bidang pendidikan dan massa di Kota Bandung.
  • Mengoptimalkan produktivitas dan profesionalisme Saung Angklung Udjo.
  • Mengoptimalkan peran dari tiap para siswa Saung Angklung Udjo.
  • Mengoptimalkan bahwa Saung Angklung Udjo telah memiliki ruangan dan daratan yang dapat digunakan.
  • Menyiapkan dan merancang keberhasilan di area Saung Angklung Udjo.

Keterlibatan Saung Angklung Udjo di dalam masyarakat yang lokal, sejak awal tahun penetapan, diarahkan untuk mengambil bagian dengan aktip untuk membangun, dan untuk menaikkan kesejahteraan tentang lingkungannya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: