Candi Borobudur Sebagai Tempat Wisata Ziarah

25 03 2010

Disamping sebagai pusat wisata budaya seperti selama ini kita kenal, candi Borobudur juga sangat potensial sebagai pusat wisata ziarah. Wisata ziarah merupakan salah satu preferensi calon konsumen (wisatawan) terhadap atribut keagamaan Budha dari keberadaan candi Borobudur. Terjadi proses nilai tambah dari wisata ziarah dibandingkan dengan sebelumnya.

Enam dari sepuluh negara anggota ASEAN adalah negara yang penduduknya banyak beragama Budha, yaitu Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Singapura. Umat Budha di negara-negara tersebut merupakan calon wisatawan mancanegara yang potensial ke Indonesia, terutama ke candi Borobudur.

Terlebih lagi umat Budha di negara-negara Asia lainnya yaitu RRC, Korea, Taiwan, Jepang, Hongkong, Sri Langka, Nepal, dan lain lain. Serta perlu dipertimbangkan pula Umat Budha di Amerika, Eropah, Australia dan seterusnya, merupakan potensi wisata ziarah bagi candi agung Borobudur.

Wisata ziarah Budha sudah lazim dilakukan di candi Borobudur. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa candi Borobudur merupakan wisata ziarah andalan bagi umat Budha.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: